Selasa, 07 April 2009

TAMAN HUTAN RAYA (TAHURA) MINAS, RIAU


Dasar hukum, letak dan luas

Calon TAHURA Raya Minas merupakan perluasan hutan serba guna Takuala Minas yang merupakan bekas hutan produksi terbatas milik HPH PT. Sindotim dan telah ditunjuk oleh Gubernur KDH Tk. I Propinsi Riau berdasarkan SK No. 367/IV/1985 tanggal 24 April 1985 tentang Penunjukan Kelompok Hutan Sungai Takula Minas Km 20 sebagai kawasan hutan dengan fungsi hutan wisata dengan luas 1.000 Ha.

Secara geografis Calon TAHURA Raya Minas terletak antara 036-047 Lintang Utara dan 10015-10126 Bujur Timur. Secara administratif termasuk Kecamatan Rumbai, Kotamadya Pekan Baru; Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Dati II Kampar; dan Kecamatan Mandau, Kabupaten Dati II Bengkalis, Propinsi Riau.

Potensi sumber daya alam

a. Topografi

Pada umumnya kondisi lapangan kawasan Calon TAHURA Minas bervariasi dari datar, bergelombang ringan sampai sedang, dengan kemiringan 0 sampai 45%.

b. Iklim

Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Ferguson Calon TAHURA Minas termasuk ke dalam klasifikasi type A dengan curah hujan rata-rata pertahun 100 s/d 300 mm. Suhu udara minimum 21C, maksimum 32,9C dengan kelembaban rata-rata 83%.

c. Flora

Keadaan vegetasi di areal Calon TAHURA Minas merupakan tipe hutan hujan tropis dengan didominasi oleh tumbuhan jenis pohon antara lain Kompas (Koompasia maccensis), Kelat (Eugenia spp.), Kulim (Scorodocarpu bernensis), Medang (Alseodaphne sp. ), Cengal (Hopea sp.), Balam (Palaqium sp) dan lain sebagainya.

d. Fauna

Beberapa jenis satwa yang dapat dijumpai antara lain Rusa (Cervus sp.), Babi hutan (Sus scrafa), Gajah (Elephas maximus sumatrensis), Ungko (Hilobaatidae), Trenggiling (Manis javanica) dan berbagai jenis burung seperti Rangkong (Beuceratidae), Punai dan lain sebagainya.

Potensi wisata alam

Di samping keadaan alamnya sendiri yang potensial sebagai tempat wisata juga terdapat beberapa obyek yang dapat dinikmati, antara lain : sumber air, panorama alam hutan.

Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan

Beberapa Kegiatan wisata yang dapat dilakukan antara lain : lintas alam, dan berkemah.

Sarana kemudahan dan pelayanan

Sarana kemudahan yang ada antara lain pendopo, jalan masuk, jalan setapak dari semen, jalan utama, tempat parkir, pintu gerbang, MCK, jembatan dan camping ground.

Pencapaian ke lokasi

Calon TAHURA Minas yang terletak di pinggir jalan raya yang menghubungkan kota Pekan Baru - Minas - Duri - Dumai, dapat dicapai dengan kendaraan darat 1,5 jam dari kota Pekan Baru.

Peluang usaha yang dapat dikembangkan

Peluang usaha yang dapat dikembangkan di Calon TAHURA Minas antara lain : usaha jasa pemandu wisata, usaha jasa akomodasi, dan usaha jasa sarana boga.

0 komentar:


Free Blogspot Templates by Isnaini Dot Com and Bridal Dresses. Powered by Blogger